Senin, 02 November 2009

Treatment pada batu permata

Treatment atau memperbaiki dengan cara pengobatan yaitu bertujuan untuk memperbaiki bentuk atau pun penampilan akhir pada sebuah batu permata, tetapi tentu saja batu permata yang telah di perbaiki bernilai lebih rendah dari pada batu permata yang alami. Banyak jenis perbaikan yang dapat dilakukan pada batu permata, dan yang paling umum antara lain yaitu :

1. Heat : pemanasan adalah salah satu cara yang paling umum dalam memperbaiki atau memper indah warna dan kejernihan sebuah batu permata.  Pemanasan pada batu permata ada dua jenis yaitu dengan pemanasan biasa tanpa bahan kimia tambahan dan pemanasan dengan mengunakan zat additif atau kimia tertentu lalu dipanaskan pada titik suhu tertentu.

2. Glass fill : pengisian rongga dengan bahan kimia atau resin pada sebuah batu permata yang bertujuan menjernihkan tampilan dari sebuah batu permata.

3. Oiling : meminyaki rongga batu permata dengan cara menvakum batu permata pada suhu tertentu, dengan tujuan menambah kejernihan sebuah batu permata dan menambah kilauan warna nya.

4. Coating : adalah melapisi batu permata dengan cara melapisi permukaan batu permata dengan kimia atau resin, dengan tujuan agar memperkuat batu permata dan agar tidak terkontaminasi zat - zat yang dapat mempengaruhi penampilan pada batu permata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar